Dari Sampah, Guru di Bengkulu Bisa Terbang ke Nepal

Guru SMP di Bengkulu ini sejatinya bukanlah seorang peneliti. Namun berkat kemauannya belajar, dan berbagi. Ia kini dikenal sebagai inovator untuk pembuat mikro organisme lokal untuk pupuk kompos. Dan berkat itu juga, ia pernah dikirim ke Nepal untuk berbagi. Siapa sosok guru ini? Simak laporan berikut.

LivE Knowledge – Yulia Suparti bukanlah seorang akademisi atau peneliti jebolan universitas terkemuka di luar negeri. Yulia adalah seorang guru mata pelajaran IPA (Fisika) di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Namun, berkat ketekunan belajar sambil melakukan, Yulia pun mampu membuat pupuk dan pupuk cair, zat perangsang tumbuh dan buah, dan pestisida organik dari sampah, limbah domestik dan industri rumah tangga.

Yulia mulai bergelut dengan sampah sejak tahun 2000. Hal itu beraawal dari keprihatinannya dengan kondisi lingkungan sekolah. Banyak sampah dedaunan dan ranting pohon berserakan, menumpuk dan menyumbat selokan. Karena itu munculah gagasan untuk mengolahnya menjadi kompos.

“Sampah sebaiknya tidak dibakar. Kalau dibakar, bisa merusak lapisan ozon,” kata Yulia, Selasa, 21 Maret 2017. Gagasan itu disampaikannya kepada kepala sekolah dan rekan sekerjanya. Walau tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman membuat kompos, namun Yulia mendapatkan dukungan.

Yulis Suparti, guru SMP Bengkulu membuat pupuk kompos
Yulia memperlihatkan tempat pembuatan MOL yang menggunakan barang bekas di rumahnya/LivE Knowledge

Ia pun mulai mempelajari pembuatan kompos dengan membaca berbagai literatur dan bertanya dengan mahasiswa pertanian. Selain di sekolah, Yulia juga memanfaatkan perkarangan rumahnya sebagai tempat mempraktikannya. Saat mempelajarinya, beragam kendala ditemui.

Namun, tak membuatnya menyerah. Kian giat belajar, kian banyak pengetahuan yang diperoleh. Tak cuma membuat kompos, tetapi juga membuat mikro organisme lokal (MOL) untuk mempercepat pengomposan dan pembuatan pupuk cair organik. Bahkan, Yulia mampu membuat beragam MOL, pupuk padat dan cair dari sampah, limbah domestik dan industri rumah tangga.

Kabar tentang kemampuan Yulia membuat pupuk padat dan cair organik ternyata menyebar. Dia mulai diundang menjadi narasumber dan pelatih, bahkan tidak sedikit orang datang ke rumahnya untuk belajar. Keadaan ini membuatnya kian giat belajar.

Yulia pun mulai belajar dan berhasil membuat zat perangsang tumbuh, zat perangsang buah dan pestisida organik. Sering diundang tanpa dibayar ataupun didatangi oleh orang untuk belajar tanpa membayar, tak dipersoalkannya.

“Kalau saya mau cari uang, bisa saya monopoli saja pengetahuan yang saya miliki dan gunakan untuk memproduksi dan menjual beragam produk organik itu. Tapi, bagi saya, rezeki bukan hanya uang. Punya banyak kenalan dan jaringan juga rezeki,” kata perempuan kelahiran tahun 1972 di Wonogiri, Jawa Tengah ini.

Menebus dosa ekologis lah yang menjadi motivasi Yulia untuk terus belajar dan membagikan pengalaman dan pengetahuannya. “Kita, manusia, sudah sangat banyak berbuat dosa ekologis, dosa terhadap bumi. Mau serba instan, ekspolitatif atau serakah dan enggan merawat bumi adalah beberapa contohnya. Kita harus membuang atau menebusnya bila kita ingin bumi tetap menjadi tempat kita hidup,” ujar Yulia.

Oleh karena itu, Yulia selalu mengajurkan orang yang telah belajar dengannya agar mengajak dan membagikan pengetahuan yang diperoleh kepada orang lain.

Buah anggur hasil penggunaan mikro organisme lokal
Buah anggur hasil penggunaan mikro organisme lokal yang dibuat Yulia/LivE Indonesia ID

“Semakin banyak orang yang melakukan hal serupa, semakin bagus. Tidak lah mungkin menebus dosa itu dilakukan oleh segelintir orang,” kata perempuan yang pernah diundang menjadi pemateri dalam konferensi dan pelatihan di Nepal pada 21–25 April 2015.

Langkah Yulia membagikan pengetahuan dan pengalamannya juga direspon sekolah lain dan pemerintah daerah. Pembelajaran tentang pemanfaatan sampah telah menjadi ekstrakurikuler di sejumlah sekolah dan menjadi materi dalam pembelajaran bioteknologi pada mata pelajaran IPA.

“Gerakan mengonsumsi sayur dan buah organik juga penting dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

 

* Sosok Yulia Suparti, pernah juga diulas di laman Mongabay.co.id

* Punya informasi serupa sosok inspiratif? silakan berbagi di laman Live Indonesia ID, kirimkan ke redaksi di alamat surel: liveknowledge@hotmail.com

Related Posts

Mengenal Kopi Semang, Kopi Dengan Harga “Launching” Rp 500 Ribu per Kg

“500 ribu rupiah,” ujar Barista KM Nol Café, Herry Supandi secara lugas menyebutkan harga perkenalan yang pantas untuk setiap kilogram roasted bean kopi semang yang diluncurkan oleh…

Perempuan Petani Kopi Ajukan Ranperdes untuk Hadapi Perubahan Iklim

Inisiatif perempuan petani kopi di Desa Batu Ampar dan Desa Pungguk Meranti menyusun dan mengajukan Ranperdes tersebut bukan tidak beralasan. Mereka telah merasakan secara nyata berbagai dampak dari perubahan iklim, dan mengkhawatirkan dampaknya akan semakin memburuk pada masa mendatang.

Gubernur Bengkulu akan Usulkan Areal Kawasan Hutan Khusus untuk Kelompok Perempuan

Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah akan mengusulkan areal kawasan hutan untuk dikelola secara khusus oleh kelompok perempuan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

29 Kelompok Perempuan Pengelola Hutan dan Usaha HHBK akan Berdialog dengan Gubernur Bengkulu

Sebanyak 29 kelompok perempuan pengelola hutan dan usaha hasil hutan bukan kayu (HHBK) akan menyampaikan aspirasi melalui kegiatan dialog dengan para pemangku kebijakan, yakni Balai Besar Taman…

Ketika 11 Kelompok Perempuan Pengelola Hutan Berlatih Pemetaan Partisipatif Berbasis Teknologi Solutif

“Misi berhasil…,” teriak Feni yang langsung disambut dengan teriakan anggota Tim 1 lainnya, “Yes…, yes…, yes…” Teriakan tersebut merupakan luapan kegembiraan Tim 1 karena telah berhasil menyelesaikan…

Gubernur Bengkulu Harapkan Jumlah Kelompok Perempuan Pengelola Hutan Bisa Bertambah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengharapkan jumlah kelompok perempuan pengelola hutan yang berhasil mendapatkan legalitas bisa bertambah. Rohidin menyampaikan harapan tersebut setelah membaca buku Membangun Jalan Perubahan: Kumpulan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *