Feni Oktaviana dan Nurlela Wati: Menulis Otobiografi untuk Memperjuangkan Hak-Hak Perempuan

Buku Membangun Jalan Perubahan: Kumpulan Otobiografi Perempuan Pelestari Hutan Larangan masih dalam proses pencetakan. Kendati demikian, berbagai pihak sudah memberikan apresiasi. Seperti yang dilakukan oleh Pupuk Surabaya dan Gender Focal Point yang memfasilitasi Temu Nasional Perempuan dan Generasi Muda Perhutanan Sosial pada 15 – 16 Maret 2023 di Jakarta, dengan dukungan The Asia Foundation dan Ford Foundation.

Pada kegiatan yang diselenggarakan untuk merayakan International Women’s Day 2023 itu, dua dari 20 orang penulis buku tersebut, yakni Feni Oktaviana dan Nurlela Wati diberi kesempatan untuk membagikan pengalamannya. Tak hanya itu, Feni Oktaviana dan Nurlela Wati juga diminta untuk mendorong 36 orang women champion dari Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Papua Barat yang hadir pada kegiatan tersebut untuk menulis otobiografi.

Berikut petikan pertanyaan moderator dan jawaban Feni Oktaviana dan Nurlela Wati pada sesi Berbagi Pengalaman Menulis Otobiografi saat pembukaan Temu Nasional Perempuan dan Generasi Muda Perhutanan Sosial pada Selasa (14 Maret 2023) malam.

Moderator: Mengapa mau menulis?

Feni Oktaviana dan Nurlela Wati:

Selama ini, di pikiran kebanyakan perempuan bahwa menulis itu susah, dan menulis otobiografi adalah ranah laki-laki, atau orang yang memiliki gelar, jabatan dan dikatakan sukses. Dengan menulis buku kumpulan otobiografi ini, kami ingin membuktikan bahwa perempuan desa juga berhak untuk menulis otobiografi, dan bisa menulis otobiografi.

Kami menulis otobiografi karena ingin menyuarakan perjalanan hidup, pengetahuan tentang hutan, pengalaman dan upaya memperjuangkan hak-hak perempuan. Dari tulisan ini, kami berharap pembaca bisa menarik pembelajaran dan terinspirasi.

Sebagai bentuk promosi, yang mana para penulis buku ini merupakan perwakilan lima kelompok perempuan yang bersepakat untuk sama mendirikan Koperasi Perempuan Pelestari Hutan. Melalui Koperasi Perempuan Pelestari Hutan, kami ingin mengubah anggapan dan cara berpikir orang terhadap koperasi. Bahwa koperasi didirikan tidak hanya semata mencari keuntungan, tetapi juga bisa sembari memperbaiki, menjaga dan melestarikan hutan atau lingkungan hidup serta memberdayakan perempuan, dan koperasi juga bisa menjadi wadah bagi perempuan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan.

Moderator: Apa yang ditonjolkan dalam tulisan?

Feni Oktaviana dan Nurlela Wati:

Latar belakang para penulis seperti asal, suku, pendidikan, pekerjaan, status pernikahan, keluarga dan aktivitas sosial. Dengan membaca buku ini, para pembaca akan mengetahui bahwa latar belakang para penulisnya sangatlah beragam.

Pengetahuan dan pengalaman penulis terkait hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) seperti hutan TNKS adalah hutan terlarang atau larangan dan menyeramkan, konflik yang dialami penulis dan TNKS, dan perjuangan hak-hak perempuan terkait hutan, terutama hak untuk mengelola hutan TNKS dan memanfaatkan hasil hutan bukan kayu di hutan TNKS, serta merintis usaha dari pemanfaatan dan pengolahan hasil hutan bukan kayu. Para pembaca juga bisa mengetahui bagaimana ketakutan dan traumatik yang dialami perempuan terkait TNKS yang dipulihkan oleh perempuan itu sendiri, dan upaya yang dilakukan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan terkait hutan dengan membentuk kelompok.

Perjalanan dan upaya bersama lima kelompok perempuan yang diwakili oleh para penulis untuk mendirikan Koperasi Perempuan Pelestari Hutan sebagai wadah perempuan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan terkait hutan, dan usaha perempuan untuk meningkatkan kesejateraan perempuan, memberdayakan perempuan dan memperbaiki, menjaga dan melestarikan hutan atau lingkungan hidup untuk mengatasi ancaman krisis pangan dan krisis iklim.

Moderator: Apa pesan yang ingin disampaikan kepada women champion?

Feni Oktaviana dan Nurlela Wati:

Kita, perempuan harus percaya kepada diri kita sendiri bahwa kita bisa dan pasti mampu untuk menulis otobiografi. Kita, perempuan juga harus menyadari bahwa menulis otobiografi adalah sangat penting. Dengan menulis otobiografi, kita bisa berbagi cerita atau kisah perjalanan hidup, pengetahuan, pengalaman, dan juga bisa menyuarakan perjuangan yang dilakukan.

Pada buku Membangun Jalan Perubahan: Kumpulan Otobiografi Perempuan Pelestari Hutan Larangan, para pembaca bisa mengetahui perjuangan perempuan yang sebelumnya bukan pengelola hutan TNKS dan yang sebelumnya adalah penggarap hutan TNKS yang disebut illegal untuk memperoleh legalitas hak mengelola hutan TNKS dan memanfaatkan hasil hutan bukan kayu di hutan TNKS, serta merintis usaha dari pemanfaatan dan pengolahan hasil hutan bukan kayu.

Moderator: Apa yang dibutuhkan untuk menulis?

Feni Oktaviana dan Nurlela Wati:

Kemauan dan tekad bahwa perempuan bisa dan mampu menulis, serta kesediaan untuk menyediakan waktu untuk menulis.

Moderator: Bagaimana proses, sehingga bisa menulis?

Feni Oktaviana dan Nurlela Wati:

Pertama, kami mendapatkan kesempatan belajar untuk mendapatkan pengetahuan tentang menulis. Lalu, kami menyediakan waktu untuk menulis. Misal di kebun atau rumah, pada siang, sore atau malam hari. Kami menulisnya secara bertahap. Satu atau dua paragraf, lalu istirahat atau mengerjakan pekerjaan yang lain, lalu menulis lagi satu atau dua paragraf, istirahat atau mengerjakan pekerjaan lain, dan seterusnya. Selain itu, kami juga saling mengajak teman yang menulis untuk menulis bersama. Selain untuk saling memotivasi, menulis bersama juga untuk saling mengingat pengetahuan, peristiwa atau pengalaman yang dimiliki.

Moderator: Apa pesan untuk perempuan, khususnya para women champion?

Feni Oktaviana dan Nurlela Wati:

Kami mengajak para women champion untuk menuliskan perjalanan hidup, pengetahuan, pengalaman dan perjuangannya, dan kami tunggu buku-buku otobiografi dari para women champion.

KMSPico

Related Posts

Mengenal Kopi Semang, Kopi Dengan Harga “Launching” Rp 500 Ribu per Kg

“500 ribu rupiah,” ujar Barista KM Nol Café, Herry Supandi secara lugas menyebutkan harga perkenalan yang pantas untuk setiap kilogram roasted bean kopi semang yang diluncurkan oleh…

Perempuan Petani Kopi Ajukan Ranperdes untuk Hadapi Perubahan Iklim

Inisiatif perempuan petani kopi di Desa Batu Ampar dan Desa Pungguk Meranti menyusun dan mengajukan Ranperdes tersebut bukan tidak beralasan. Mereka telah merasakan secara nyata berbagai dampak dari perubahan iklim, dan mengkhawatirkan dampaknya akan semakin memburuk pada masa mendatang.

Gubernur Bengkulu akan Usulkan Areal Kawasan Hutan Khusus untuk Kelompok Perempuan

Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah akan mengusulkan areal kawasan hutan untuk dikelola secara khusus oleh kelompok perempuan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

29 Kelompok Perempuan Pengelola Hutan dan Usaha HHBK akan Berdialog dengan Gubernur Bengkulu

Sebanyak 29 kelompok perempuan pengelola hutan dan usaha hasil hutan bukan kayu (HHBK) akan menyampaikan aspirasi melalui kegiatan dialog dengan para pemangku kebijakan, yakni Balai Besar Taman…

Ketika 11 Kelompok Perempuan Pengelola Hutan Berlatih Pemetaan Partisipatif Berbasis Teknologi Solutif

“Misi berhasil…,” teriak Feni yang langsung disambut dengan teriakan anggota Tim 1 lainnya, “Yes…, yes…, yes…” Teriakan tersebut merupakan luapan kegembiraan Tim 1 karena telah berhasil menyelesaikan…

Gubernur Bengkulu Harapkan Jumlah Kelompok Perempuan Pengelola Hutan Bisa Bertambah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengharapkan jumlah kelompok perempuan pengelola hutan yang berhasil mendapatkan legalitas bisa bertambah. Rohidin menyampaikan harapan tersebut setelah membaca buku Membangun Jalan Perubahan: Kumpulan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *